berita

Berita PUPR > Kunjungan Kerja Kepala Bidang Jasa Konstruksi Sulteng dan Aplikator RISHA


Friday, 08 Feb 2019, Dilihat 127 kali

Kunjungan Kerja Kepala Bidang Jasa Konstruksi Sulteng dan Aplikator RISHA
 

Kepala Bidang Bina Jasa Konstruksi Sulawesi Tengah Agus Nain Sahabat, didampingi staf Bidang Bina Jasa Konstruksi melakukan kunjungan kerja ke Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman. Kunjungan ini dilaksanakan pada Kamis 6 Februari 2019 di Kampus Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman Cileunyi Bandung. Kunjungan ini dalam rangka tindak lanjut hasil pembicaraan Kepala Balai Litbang Perumahan Wilayah III Makassar terkait rencana penerapan Rumah Instan Sehat Sederhana (RISHA). Penerapan tersebut merupakan bagian dari diseminasi diseminasi alih teknologi untuk penanganan tanggap darurat bencana pasca gempa dan tsunami Palu, Sigi dan Donggala.

Sebelumnya pada tanggal 18 – 20 Desember 2019, Balai Litbang Perumahan Wilayah III Makassar bekerjasama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar mengadakan Bimbingan Teknis Produksi Panel Rumah Instan Sederhana Sehar (RISHA) yang berlokasi di Kantor Dinas Pekerjaan Umum Propinsi Sulawasi Tengah.

Kepala Bidang Jasa Konstruksi beserta rombongan diterima oleh Kepala Balai Litbang Tata Bangunan dan Lingkungan Kuswara mewakili Kepala Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman.  Didampingi Kepala Seksi Layanan Balai Litbang Perumahan Wilayah III Makassar mewakili Kepala Balai Litbang Perumahan Wilayah III Makassar. Turut hadir pula perwakilan dari aplikator RISHA yaitu PT Selaras Sukses Bersama.

Diskusi diawali dengan pengantar oleh Kasi Layanan Balai Litbang Perumahan Wilayah III Makassar. Kepala Balai Tata Bangunan dan Lingkungan menyampaikan terkait pelajaran dari penerapan RISHA di Lombok. Pelaksanaan percepatan pemahaman RISHA dapat dilakukan melalui metode magang bagi aplikator baru di aplikator yang sudah berpengalaman. “Perlu model TOT (training of trainer) dan pelatihan secara spesialis untuk pembesian, pengecoran dan perakitan,” ungkap Kuswara.

Setelah selesai diskusi, para rombongan mengunjungi workshop aplikator Risha (PT Selaras Sukses Bersama). (mif)