berita

Berita PUPR > Penajaman Dukungan Program Pasca Gempa Bumi dan Tsunami di Sulawesi Tengah


Tuesday, 12 Feb 2019, Dilihat 118 kali

Penajaman Dukungan Program Pasca Gempa Bumi dan Tsunami di Sulawesi Tengah
 

Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman ikut serta dalam rapat penajaman dukungan program pasca gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah yang diselenggarakan oleh Balitbang PUPR. Rapat dilaksanakan pada 11 Februari 2019 di Balai Irigasi Bekasi. Dihadiri oleh seluruh Bidang dan Balai di lingkungan Badan Litbang PUPR. 

Kegiatan dibuka oleh Kepala Bagian Perencanaan dan Evaluasi Setbalitbang dan arahan langsung oleh Sekretaris Badan Litbang Herry Vaza. Beliau menyampaikan bahwa Balitbang mempunyai peran sebagai pemikir atau konseptor terkait solusi permasalahan akibat gempa bumi dan tsunami. Model advis teknis, pendampingan dan diseminasi dapat dijadikan  kegiatan dalam penanganan tersebut. Perlu adanya penjajakan kerjasama dengan Bina Konstruksi dan BPSDM dalam pengembangan materi dan SDM. 

Kasubbid Monitor dan Evaluasi Fani Deviana menyampaikan presentasi terkait kegiatan yang telah dilakukan Puskim TA 2018 dan tindak lanjut di TA 2019. Balai Litbang Perumahan Wilayah III Makassar menyampaikan materi diwakili oleh Kasi Layanan Mifta. Secara garis besar, kegiatan 2018 Puskim di wilayah terdampak antara lain meliputi pelatihan untuk assessment, melakukan quick assessment, narasumber bintek RISHA (bangunan tahan gempa), kerjasama Balai Litbang Perumahan III Makassar dan Bina Konstruksi. 

Kegiatan 2019 dititikberatkan tentang diseminasi dan pendampingan terkait kerusakan bangunan, diseminasi SNI, rumah tahan gempa dan lain-lain. Puskim juga menginisiasi teknologi Debris untuk pemanfaatan puing gempa yang sistemnya akan dibuat oleh PKPT dan rencana teknologi base insulation tahan gempa bekerjasama dengan JICA. (MIF)