berita

Berita PUPR > Sosialisasi dan Bimtek RISHA di Palu Sulawesi Tengah


Tuesday, 26 Feb 2019, Dilihat 369 kali

Sosialisasi dan Bimtek RISHA di Palu Sulawesi Tengah
 

Balai Perumahan Wilayah III Makassar turut berpartisipasi dalam pelatihan RISHA yang diselenggarakan oleh PT Asrijes dan Direktorat Bina Konstruksi Wilayah VII Makassar. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 20 – 23 Februari 2019 di Hotel Gajah Mada Palu. PT. Asrijes merupakan salah satu aplikator RISHA di Sulawesi Tengah. Kegiatan dihadiri oleh Kepala Dinas Permukiman Provinsi Sulawesi Tengah, Sekretaris Daerah Sigi, dan Stakeholder Provinsi Sulawesi Tengah.

Didalam kegiatan tersebut selain sosialisasi RISHA juga diadakan pelatihan dan kunjungan lapangan di lokasi RISHA berdiri tepatnya di Petobo. Seperti yang diketahui, RISHA merupakan sistem struktur dengan model knockdown dan tahan terhadap gempa. Komponennya terdiri dari tiga panel yaitu P1, P2, P3. Model bangunan yang menggunakan struktur RISHA dapat dikembangkan sesuai dengan keinginan masyarakat. Praktek pembuatan RISHA dilaksanakan di Desa Kulo Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi.

Pelatihan dihadiri oleh 50 peserta yang terdiri dari berbagai perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi. Selama pelaksanaan praktek, peserta sangat antusias. Aktif bertanya saat proses pembuatan panel RISHA. Saat kunjungan ke lokasi RISHA di Petobo, mereka pun secara aktif bertanya kepada penghuni RISHA. Sekretaris Daerah Sigi menyampaikan harapan dari Bupati Kabupaten Sigi mengenai RISHA. “Semoga masyarakat dapat memanfaatkan teknologi RISHA karena telah teruji kehandalan terhadap gempa. Terutama pada permukiman yang berada di jalur gempa seperti Sulawesi Tengah,” ungkapnya. (DA)