berita

Berita PUPR > Sinkronisasi Dukungan Hasil Litbang Bidang Perumahan dan Permukiman dalam rangka Rehabilitasi dan Rekonstruksi Palu, Sigi, dan Donggala


Wednesday, 06 Mar 2019, Dilihat 74 kali

Sinkronisasi Dukungan Hasil Litbang Bidang Perumahan dan Permukiman dalam rangka Rehabilitasi dan Rekonstruksi Palu, Sigi, dan Donggala
 

Kepala Balai Litbang Perumahan Wilayah III Makassar Sugeng Paryanto di dampingi Kepala Seksi Layanan Mifta Priyanto mengunjungi Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Kota Palu. Kunjungan tersebut bertujuan untuk penjajakan kerjasama dan sinkronisasi program pelatihan dan alih teknologi hasil litbang bidang perumahan dan permukiman untuk dukungan penanganan rehabilitasi dan rekonstruksi Palu, Sigi, dan Donggala. Kunjungan diadakan pada Tanggal 5 Maret 2019. Rapat tersebut dihadiri pula Kepala Bidang Jasa Konstruksi Agus Naim Sahabat dan Perwakilan BNPB Kota Palu Syarifudin.

Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari rapat dukungan Balitbang dengan Kasatgas Kementerian PUPR terkait rencana program dan dukungan bidang perumahan dan permukiman yang terdiri dari (i) pelaksanaan advis teknis meliputi: evaluasi kelayakan TPA sebagai sumber energi listrik untuk pengolahan debris, penyiapan DED alat pengolah debris, penyusunan basic design escape way dan shelter mutifungsi dan penyusunan tata cara zonasi relokasi permukiman; (ii) pendampingan teknis meliputi pelatihan quick assesment pasca gempa, verifikasi sarana prasarana pendidikan, pendampingan teknis dalam perencanaan 8 bangunan gedung rumah sakit, perguruan tinggi dan perkantoran, (iii) diseminasi alih teknologi meliputi diseminasi rumah tahan gempa dan penerapan SNI, dan (iv) kajian melalui Pusat Studi Gempa Nasional meliputi pengolahan data LIDAR untuk menyusun koordinat jalur patahan aktif, pendampingan pemasangan dan sosialisasi patok merah di zona patahan.

Dalam rangka pelaksanaan alih teknologi bidang perumahan dan permukiman tersebut perlu adanya kerjasama dengan Ditjen Bina Konstruksi dan BPSDM sehingga diperlukan sinkronisasi program pelaksanaan alih teknologi.

Hasil pembahasan dalam kunjungan tersebut disepakati akan dilakukan kerjasama dalam pelaksanaan pelatihan alih teknologi bidang perumahan dan permukiman. Selain alih teknologi juga akan dilakukan pelatihan terkait assesmen dan verifikasi kerusakan bangunan/ gedung. Saat ini, Bidang Bina Konstruksi telah menyusun jadwal pelatihan terkait pelatihan produksi RISHA (tentative Maret  sd. Juni 2019), selain itu Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Kota Palu juga akan membangun gedung kantor seluas 145 m2 dengan menggunakan teknologi RISHA yang pelaksanaan pembangunannya sekaligus juga sebagai praktek pelatihan bagi peserta pelatihan RISHA. Dalam pembangunan gedung kantor tersebut juga diharapkan ada teknologi hasil litbang lainnya yang dapat diterapkan sebagai bagian dari diseminasi alih teknologi hasil litbang.

Setelah pertemuan tersebut, acara dilanjutkan dengan peninjauan ke lokasi workshop dan pembuatan komponen RISHA yang pernah digunakan sebagai lokasi pelatihan RISHA pada tahun 2018 lalu. (SGP/PUT)

 

Foto Okezone