berita

Berita PUPR > Kunjungan Kerja DPRD Kabupaten Muna ke Balai Litbang Perumahan Wilayah III Makassar


Monday, 13 May 2019, Dilihat 229 kali

Kunjungan Kerja DPRD Kabupaten Muna ke Balai Litbang Perumahan Wilayah III Makassar
 

Komisi III DPRD Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara melakukan kunjungan kerja ke Balai Litbang Perumahan Wilayah III Makassar. Kunjungan yang dilaksanakan pada hari Kamis 9 Mei 2019 dalam rangka konsultasi teknis tentang potensi pengembangan pengembangan teknologi perumahan dan permukiman sesuai potensi dan nilai-nilai lokal di Kabupaten Muna, Propinsi Sulawesi Tenggara. 

Kunjungan yang dipimpin oleh Awaludin Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Muna beserta rombongan diterima oleh Sugeng Paryanto Kepala Balai Litbang Perumahan Wilayah III Makassar. Hadir pula para pejabat eselon IV dan pejabat fungsional di lingkungan Balai Litbang Perumahan Wilayah III Makassar. Di dalam kunjungan tersebut, Komisi III DPRD Kabupaten Muna menyampaikan terkait permasalahan yang ada di Muna yaitu penataan kawasan kumuh, penataan permukiman di kawasan pesisir khususnya permukiman suku Bajo, terbatasnya akses air minum dan sanitasi, serta sumber air baku berupa air payau. 

Penataan kawasan kumuh di Sulawesi Tenggara sudah masuk Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian PUPR melalui skema BSPS (Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Namun perlu dukungan penyediaan sarana dan prasarana permukiman. Terkait penataan kawasan perumahan Suku Bajo, perlu upaya kajian mendalam tentang pelaksanaan program relokasi ke daratan yang sudah disetujui oleh masyarakat Suku Bajo. Kajian tersebut dilakukan agar tidak menghilangkan kearifan lokal Suku Bajo. 

Potensi pengembangan kawasan wisata, potensi material lokal berupa bambu dan batu kapur dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan lokal. Di dalam pertemuan tersebut disampaikan permohonan pelaksanaan diseminasi teknologi kepada Dinas Teknis maupun masyarakat terkait permasalahan perumahan dan permukiman. 

Balai Litbang Perumahan Wilayah III Makassar menyambut baik dan mendukung kerjasama yang akan dilakukan. Komisi III DPRD Kabupaten Muna akan menindaklanjuti diskusi dalam kunjungan kerja ini dengan Dinas terkait. Selanjutnya pemerintah daerah akan merencanakan pertemuan lanjutan dengan Balai Litbang Perumahan Wilayah III Makassar. (SGP/PUT)