berita

Berita PUPR > Koordinasi Penyusunan Rencana Kegiatan Flagship Prioritas Riset Nasional (PRN) Teknologi Rumah Tahan Gempa, Tahan Api, Murah dan Cepat Bangun


Wednesday, 03 Jul 2019, Dilihat 63 kali

Koordinasi Penyusunan Rencana Kegiatan Flagship Prioritas Riset Nasional (PRN) Teknologi Rumah Tahan Gempa, Tahan Api, Murah dan Cepat Bangun
 

Dalam rangka sinergi penyusunan rencana kegiatan 2020-2024 Flagship Prioritas Nasional (PRN) Teknologi Rumah Tahan Gempa, Tahan Api, Murah dan Cepat Bangun, pada tanggal 1 Juli 2019 diadakan rapat di Kampus Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman Kementerian PUPR. Rapat dilaksanakan dalam rangka penyepakatan substansi dan lingkup kegiatan sebagai bahan untuk penyusunan KAK dan RAB yang diminta oleh Bappenas.

Rapat ini dipimpin langsung oleh Kepala Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman Arief Sabaruddin, dan dihadiri oleh perwakilan dari K/L yang meliputi ITB, BPPT, LIPI, BATAN, Kementerian KLHK, BIG, PT. WIKA Beton, dan Kementerian PUPR sendiri.

Dalam pelaksanaan diskusi, terungkap bahwa setiap K/L sudah melaksanakan berbagai penelitian dan pengembangan terkait teknologi Rumah Gempa. Dengan hasil-hasil litbang tersebut maka dalam penyusunan rencana kegiatan untuk Flagship PRN ini tidak mulai dari nol. Namun dilakukan dengan melanjutkan hasil-hasil yang sudah dilakukan dan dicapai oleh masing-masing K/L. Terkait hal tersebut disepakati masing-masing K/L akan menyampaikan deskripsi teknologi yang sudah dihasilkan untuk selanjutnya dibahas dalam forum workshop yang direncanakan dilaksanakan pada minggu pertama  Agustus 2019.

Dalam agenda workshop tersebut ditargetkan untuk melakukan penyepakatan subtansi rumah tapak dan rumah susun yang akan dirancang serta kolaborasi antar K/L dalam pelaksanaanya.  (Kuswara)