berita

Berita PUPR > Diseminasi Penerapan dan Pengawasan Rumah Instan Sederhana Sehat


Friday, 28 Jun 2019, Dilihat 184 kali

Diseminasi Penerapan dan Pengawasan Rumah Instan Sederhana Sehat
 

Balai Litbang Perumahan Wilayah III Makassar mengadakan kegiatan Diseminasi Penerapan dan Pengawasan Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) pada 25 – 28 Juni 2019.  Narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan ini adalah Edi Nur dan Supiyat sebagai praktisi yang telah memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam konstruksi tahan gempa khususnya terkait RISHA. Peserta yang menghadiri kegiatan tersebut antara lain perwakilan dari Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Sulawesi Selatan dan Arsitek Komunitas (Arkom).

Rangkaian kegiatan dibuka oleh Kepala Balai Litbang Perumahan Wilayah III Makassar, Sugeng Paryanto. Dalam sambutannya, Kepala Balai Litbang Perumahan Wilayah III Makassar menyampaikan tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah agar peserta dapat mengetahui dan memahami konstruksi tahan gempa dan penerapan RISHA, sehingga peserta dapat melakukan pengawasan RISHA di wilayah kerja Balai Litbang Perumahan Wilayah III Makassar. Selain itu, dalam sambutannya Kepala Balai Litbang Perumahan Wilayah III Makassar juga menyampaikan harapan agar teknologi yang dimiliki oleh Balitbang Kementerian PUPR dapat dikembangkan dan diproduksi secara luas.

Materi yang disampaikan oleh Narasumber dibagi menjadi tiga bagian yakni Pengenalan RISHA, Seleksi Material dan Kontrol Kualitas RISHA serta Metode Pencampuran Beton. Peserta juga berdiskusi dengan Narasumber terkait penerapan dan pengawasan RISHA. Selain kegiatan dalam ruangan, peserta juga dibekali proses pembuatan panel – panel RISHA.

Melalui kegiatan Diseminasi ini diharapkan peserta dapat memahami dan mengembangkan penerapan RISHA khususnya di wilayah kerja Balai Litbang Perumahan Wilayah III Makassar. Selain itu, peserta juga mampu melakukan pengawasan penerapan RISHA agar sesuai dengan pedoman teknis yang sudah ada. Salah satu peserta dari pengembang mengungkapkan bahwa dengan menerapkan RISHA dapat memenuhi kebutuhan rumah bagi masyarakat khususnya masyarakat yang berpenghasilan menengah kebawah. (Ryo)