berita

Berita PUPR > Lokakarya Kesadaran Nasional Peduli Gempa Bumi dan Gunung Api


Monday, 22 Jul 2019, Dilihat 431 kali

Lokakarya Kesadaran Nasional Peduli Gempa Bumi dan Gunung Api
 

Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman Badan Litbang Kementerian PUPR bekerjasama dengan Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) mengadakan Lokakarya Kesadaran Nasional Peduli Gempa Bumi dan Gunung Api. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2019 di Gedung Perpustakaan Nasional Jakarta Pusat. Dihadiri oleh Kementerian/Lembaga, BUMN, Perguruan tinggi, Asosisasi, pemerintah provinsi/kota/kabupaten, DPR RI, DPRD, Perwakilan Kedutaan, hingga Pusgen.

Plt Kepala Badan Litbang Kementerian PUPR Lukman Hakim menyampaikan laporan penyelenggaraan, “Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kewaspadaan akan risiko bencana alam melalui penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) serta lewat diskusi panel terbuka. Kita dapat belajar dari pengalaman gempa – gempa sebelumnya yang dituangkan dalam buku – buku gempa hasil kajian”. Dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua AIPI Satryo Brodjonegoro dan arahan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Di dalam arahannya, Menteri PUPR menyampaikan perhatiannya terkait upaya efektif untuk mendorong masyarakat berperilaku adaptif dalam mengantisipasi resiko bencana alam seperti gempa bumi. “Masih banyak masyarakat yang kurang peduli terhadap risiko bencana, seperti tinggal di bantaran sungai yang rawan banjir atau tinggal di lereng pegunungan yang rawan longsor. Lewat lokakarya ini diharapkan para ilmuwan dapat memberikan solusi bagi peningkatan kepedulian masyarakat akan risiko bencana. Hasil – hasil penelitian jangan hanya tertuang di dalam buku semata namun harus dapat diterapkan di masyarakat,” pesan Menteri PUPR. 

Di dalam acara tersebut dilakukan peluncuran 15 buku terkait bencana gempa di beberapa wilayah Indonesia. Diantaranya Pembelajaran Penanganan Darurat Bencana Gempa Bumi Lombok, Buku Kajian Gempa Bumi Palu 2018, RSNI: Persyaratan Beton Struktural Untuk Bangunan Gedung dan Struktur Lain, dan RSNI: Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa.

Panel diskusi dalam lokakarya ini mengangkat beberapa topik, diantaranya  Tantangan Managemen Bencana Gempa, Pemutakhiran Peta Sumber dan Bahaya Gempa, State of Art Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Gunung Api di Indonesia, dan Sosial Budaya.

Video pelaksanaan dapat disaksikan melalui https://youtu.be/4w21M9GkTds