berita

Berita PUPR > Pelatihan Bimbingan Teknis Produksi RISHA


Friday, 13 Sep 2019, Dilihat 372 kali

Pelatihan Bimbingan Teknis Produksi RISHA
 

Dalam rangka meningkatkan kemampuan produksi risha untuk memenuhi kebutuhan rumah pasca bencana tsunami di Palu, Komunitas Arsitek Indonesia serta Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Sulawesi Tengah melakukan bimbingan/pelatihan uji sertifikasi tenaga terampil kontruksi  produksi Risha. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 10 – 14 September 2019 dilaksanakan selama empat hari di Kantor Bina Marga Sulawesi Tengah.

 

Pelaksanaan pelatihan ini melibatkan Pusat Litbang Permukiman Bandung dan Balai Litbang Perumahan Wilayah III Makassar sebagai narasumber. Materi yang disampaikan pada pelatihan RISHA berupa teknik pembesian, teknik pencetakan, serta teknik perakitan RISHA. Kegiatan tersebut diharapkan dapat memberi pemahaman dan keahlian kepada para peserta dalam memproduksi RISHA sesuai dengan standar. 

 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan lima jaringan wilayah Arsitek Komunitas (Arkom) Indonesia yaitu berasal dari Surabaya, Makassar, Jogyakarta, Palu dan Solo. Untuk wilayah Palu dihadiri oleh beberapa Kelurahan yakni Mamboro Induk, Mamboro Barat, Donggala, Tompe dan Desa Tanjung Padang. (Djasmihul Ashary)