berita

Berita PUPR > Pemerintah Nigeria Tertarik dengan Teknologi RISHA


Friday, 04 Oct 2019, Dilihat 113 kali

Pemerintah Nigeria Tertarik dengan Teknologi RISHA
 

Kementerian Energi, Pekerjaan Umum, dan Perumahan Federal Republic of Nigeria didampingi oleh Bappenas dan Kementerian Luar Negeri Indonesia mengunjungi Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman. Kunjungan dilaksanakan pada hari Kamis 3 Oktober 2019. Kunjungan merupakan rangkaian knowledge sharing bidang infrastruktur dalam kerangka Kerjasama Selatan-Selatan dan Triangular (KSST). Bentuk nyata kerjasama antara Indonesia-Nigeria.

Kepala Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman Dian Irawati membuka kegiatan. Didampingi oleh Kepala Balai Litbang Tata Bangunan dan Lingkungan Yuri Hermawan Prasetyo dan Peneliti Balai Tata Bangunan dan Lingkungan. Kementerian Energi, Pekerjaan Umum, dan Perumahan Federal Republic of Nigeria mengirimkan empat orang perwakilan yaitu O.O Oyetade, C.C Ezike, E.U Udoh, dan A.M Hassan. Kepala Sub Direktorat Kerja Sama Pembangunan Global Bappenas Priyanto Rohmattullah menyampaikan bahwa kunjungan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kerjasama pembangunan antara Indonesia-Nigeria. Mendorong promosi produk unggulan dari kementerian PUPR ke Negara – Negara di Afrika. “Presiden menyampaikan bahwa kerjasama Indonesia-Nigeria harus memberikan dampak ekonomi. Kita promosikan teknologi Indonesia. Mereka tertarik dengan Teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA), maka kita mengunjungi Puskim untuk mengenalkan RISHA lebih jauh kepada mereka dan teknologi Puskim lainnya,” tambahnya. 

Knowledge sharing dibagi menjadi dua sesi yaitu, Sesi pertama Kepala Balai Litbang Tata Bangunan dan Lingkungan Yuri Hermawan Prasetyo menyampaikan presentasi tentang RISHA dan diskusi. Sesi kedua seluruh peserta yang hadir mengunjungi laboratorium Balai – Balai Puskim untuk melihat teknologi lainnya. Rangkaian kegiatan berakhir pada kunjungan lapangan Rumah Contoh RISHA. (Putri)