berita

Berita PUPR > Distek Model Atap Panel Surya di Makassar


Thursday, 17 Oct 2019, Dilihat 138 kali

Distek Model Atap Panel Surya di Makassar
 

Balai Litbang Perumahan Wilayah III Makassar mengadakan kegiatan Diskusi Teknis Pengembangan Model Atap Genteng Berpanel Surya. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober 2019 di Baruga Latippa Marina Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan. Kegiatan dibuka oleh Kepala Seksi Penyelenggara Teknis Balai Litbang Perumahan Wilayah III Makassar Ratna Juwita. Dilanjutkan dengan sambutan oleh Asisten I Pemerintah Daerah Bantaeng Hartawan Zainuddin mewakili Bupati Bantaeng.

Tujuan dari penyelenggaraan diskusi teknis ini yaitu memperkenalkan produk model atap genteng berpanel surya yang dikembangkan oleh Balai Litbang Perumahan Wilayah III Makassar. Bantaeng ditetapkan sebagai wilayah uji penerapan model atap genteng panel surya. Kegiatan penerapan ini diharapkan dapat menjadi sumber alternatif listrik dan UKM yang dikelola oleh masyarakat sekitar dengan dukungan dari Pemerintah Daerah bataeng.

Di dalam sambutannya, Hartawan Zainuddin menyampaikan bahwa gagasan ide Balai Litbang sangat bermanfaat dan memberi peluang bagi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) sebagai ujung tombak pengembang ekonomi desa. Model atap genteng panel surya di Bantaeng dapat menjadi titik perencanaan implementasi di daerah lainnya. Solusi permasalahan keterbatasan pasokan listrik dipelosok desa.

Beliau juga berterima kasih atas nama Pemerintah Daerah Bantaeng kepada pihak Balai Litbang yang menjadikan Bantaeng sebagai wilayah uji penerapan model atap panel surya.

Kegiatan dihadiri oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Makassar, Dinas Pariwisata Kota Makassar, Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) Provinsi Sulawesi Selatan, Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, dan instansi pemerintah lainnya. (Ika, Putri)