berita

Berita PUPR > Konsultasi Pengelolaan Data, Informasi dan Aplikasi Kebencanaan di Kemeterian PUPR


Wednesday, 20 Nov 2019, Dilihat 11 kali

Konsultasi Pengelolaan Data, Informasi dan Aplikasi Kebencanaan di Kemeterian PUPR
 

Balai Litbang Perumahan Wilayah III Makassar turut berpartisipasi dalam kegiatan Konsultasi Pengelolaan Data, Informasi, dan Aplikasi Kebencanaan di Lingkungan Kementerian PUPR. Kegiatan dilaksanakan pada hari senin – selasa tanggal 18 – 19 November 2019 di Hotel Four Point Makassar. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Pusat Data dan Informasi Kementerian PUPR dibuka oleh Kepala Bidang Informasi Tanggap Bencana Pusdatin Komang.

Peserta yang hadir merupakan perwakilan dari unor – unor dilingkungan Kementerian PUPR. Selain itu turut hadir pula perwakilan BNPB, Badan Geologi Kementerian ESDM, Kementerian Sosial, dan BMKG.

Kegiatan di hari pertama yaitu arahan staf ahli menteri bidang keterpaduan pembangunan Kementerian PUPR; paparan mengenai arahan kebijakan penyelenggaraan penanggulangan bencana; paparan penyelengaraan penanggulangan bencana gempa bumi dan tsunami provinsi Sulawesi Tengah; paparan mengenai PASIGALAPARIMO dulu, kini, dan masa yang akan datang; paparan mengenai satu data, atu peta, satu referensi dalam mendukung penyelenggaraan penanggulangan bencana; pengelolaan data, informasi, dan aplikasi kebencanaan BNPB, Kementeiran ESDM, dan BMKG.

Kegiatan di hari kedua berupa pembahasan lanjutan mengenai data, informasi, aplikasi lebencanaan serta mekanisme link data kebencanaan di lingkungan Kementerian PUPR yang dipandu oleh Kepala Bidang Data dan Informasi Tanggap Bencana Pusdatin Kementerian PUPR. (Mifta/Putri)