berita

Berita PUPR > Peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum Ke-74


Tuesday, 03 Dec 2019, Dilihat 24 kali

Peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum Ke-74
 

Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman Badan Litbang Kementerian PUPR ikut serta dalam Upacara Peringatan Hari Bakti PU Ke-74 di Halaman Kantor Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat pada hari Selasa tanggal 3 Desember 2019. Tema Hari Bakti PU tahun ini adalah “Sigap Membangun Negeri Untuk Indonesia Maju”. Upacara diikuti oleh seluruh pejabat, staf PUPR, hingga pemerintah di Bandung. Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat bertindak sebagai Inspektur Upacara.

“Selama 5 tahun kedepan kita akan melanjutkan pembangunan 60 bendungan, 1.000 embung, 500.000 hektar jaringan irigasi baru, 2.500 km jalan tol dan 60.000 km jalan baru,” kata Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat saat menyampaikan Sambutan Presiden RI.

“Kita juga akan meningkatkan akses masyarakat terhadap air minum layak menjadi 90% serta akses sanitasi dan persampahan menjadi 80%. Kita pun akan melanjutkan program Sejuta Rumah, khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Selain itu, kita akan mewujudkan pemindahan Ibukota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur dengan konsep Smart Metropolis,” ungkapnya.

Pembangunan infrastruktur yang berkualitas harus mendapatkan dukungan dengan pembiayaan yang memadai. Pembiayaan tidak hanya bersumber pada APBN, tetapi setiap pelaksana kegiatan harus kreatif, bekerjasama dengan lembaga – lembaga pembiayaan maupun mitra swasta.

“Saya minta kepada segenap insan PUPR untuk meneladani semangat pantang menyerah, keberanian, dan pengorbanan sebagaimana diperlihatkan oleh 7 Pahlawan Sapta Taruna yang gugur di Gedung Sate, Bandung pada 3 Desember 1945 akan selalu menjadi sumber motivasi dan inspirasi bagi setiap insan PUPR dalam menjalankan tugas,” kata Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat mengakhiri sambutan.

Di dalam rangkaian Upacara Peringatan Hari Bakti PU Ke-74 juga diumumkan pemenang perlombaan beberapa lomba yang dimeriahkan oleh unor – unor Kementerian PUPR di Kota Bandung. Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman diwakilkan oleh Dadan menerima Penghargaan Juara Umum Catur. (Putri)