berita

Berita PUPR > Pembahasan Kerjasama Penerapan Hasil Litbang BLPW III Makassar dalam mendukung Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Makassar


Wednesday, 04 Dec 2019, Dilihat 1365 kali

Pembahasan Kerjasama Penerapan Hasil Litbang BLPW III Makassar dalam mendukung Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Makassar
 

Pada hari Rabu, 4 Desember 2019, telah dilaksanakan pembahasan rencana kerjasama pemanfaatan teknologi litbang antara Balai Litbang Perumahan Wilayah (BLPW) III Makassar dengan tim KOTAKU Kota Makassar di Kantor BLPW III Makassar. Perwakilan dari Kotaku dipimpin oleh Koordinator Kotaku Provinsi Sulawesi Selatan Anissa Amalia didampingi perwakilan KOTAKU Kota Makassar. Di Dalam kesempatan tersebut hadir Kepala Balai Litbang Perumahan Wilayah III Makassar, Sugeng Paryanto didampingi Kepala Seksi Layanan Mifta Priyanto beserta para pejabat fungsional.

Pertemuan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut rencana pembangunan 14 (empat belas) unit Rumah Instan Sehat Sederha (RISHA) model panggung yang berlokasi di Kelurahan Bira, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar. Pelaksanaan kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan pada awal tahun 2020 dan sepenuhnya dibiayai melalui anggaran program Kotaku dengan menggandeng pula pihak CSR. Kesiapan lahan dan penetapan masyarakat yang menjadi calon penghuni RISHA sepenuhnya menjadi kewenangan Kotaku Makassar. Pelaksanaan kegiatan akan melibatkan masyarakat calon penghuni, Badan Keswadayaan Masyarakat dan tim dari Kotaku. Pola pembangunan melibatkan masyarakat setempat dengan sistem shelter (pemindahan/ menumpang sementara) dengan fasilitasi dari Tim KOTAKU.

Balai Litbang Perumahan Wilayah III Makassar akan melakukan bimbingan teknis alih teknologi kepada masyarakat dan tim fasilitator KOTAKU. Pola pelatihan bersifat Training of Trainer (TOT) khususnya kepada para calon pengawas pelaksana pekerjaan dan tim Kotaku.  Selain itu juga memberikan masukan kepada tim konsultan KOTAKU terkait desain rumah panggung dan teknologi litbang yang akan diterapkan.  Teknologi yang akan diterapkan adalah RISHA panggung dengan pemanfaatan material lokal bambu Zephyr, teknologi air minum, penampungan air hujan, teknologi pengolahan air limbah rumah tangga dan penataan lingkungan permukiman. (SGP)