berita

Berita PUPR > FGD Blended Learning di Universitas Tadulako Palu


Monday, 09 Dec 2019, Dilihat 1320 kali

FGD Blended Learning di Universitas Tadulako Palu
 

Balai Litbang Perumahan Wilayah III Makassar turut berpartisipasi dalam kegiatan Focus Discussion Group Blended Learning. Kegiatan dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 6 Desember 2019 di Universitas Tadulako Palu Sulawesi Tengah. Kegiatan ini dilatarbelakangi progress pembangunan Huntap Insitu Tahap I yang baru mencapai 512 unit dari target perbaikan sebanyak 4.522 unit. Tahap II Huntap akan dicairkan dana untuk pembangunan 15.488 unit rusak berat ke rekening masyarakat dari total 85.763 unit yang tersebar di empat kota/kabupaten yaitu KotaPalu, Kabupaten Sigi, Kabupaten Donggala, dan Kabupaten Parigi Moutong.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Direktorat Bina Konstruksi dihadiri perwakilan berbagai macam unit kerja yaitu Bina Konstruksi, Satgas Penanggulangan Bencana PUPR, Korem Palu, Pemprov Palu, dan Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman diwakili oleh Kasie Layanan Balai Litbang Perumahan Wilayah III Makassar.

Di dalam FGD tersebut membahas metode pelatihan bagi 200 mahasiswa Universitas Tadulako yang dipersiapkan untuk pengawasan pembangunan rumah tahan gempa. Untuk melakukan percepatan dan kualitas yang dihasilkan telah memenuhi standar rumah tahan gempa, maka diperlukan pendampingan teknis oleh Fasilitator Teknik. Selain mahasiswa juga ada dari unsur 20 orang PNS PUPR dan TNI sebanyak 1000 orang.

Pelatihan melalui e-learning sudah dimulai pada tanggal 6 Desember 2019 dilanjutkan dengan bimbingan teknis pada tanggal 20 Desember 2019. E-learning diberikan modul Pelaksana Lapangan Pekerjaan Gedung, Ahli Pengawas Konstruksi Bangunan Gedung, Dan Ahli Muda Manajemen Konstruksi. (Mifta/Put)