berita

Berita PUPR > Reduksi Penggunaan Energi Listrik dengan PVROOF


Tuesday, 10 Dec 2019, Dilihat 2390 kali

Reduksi Penggunaan Energi Listrik dengan PVROOF
 

Teknologi Atap Solar PVROOF merupakan teknologi atap yang berfungsi ganda sebagai penghasil tenaga listrik melalui penggunaan sel surya untuk mereduksi penggunaan energi listrik. Teknologi yang dikembangkan oleh Balai Litbang Sains Bangunan Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman merupakan bentuk dukungan teknologi terhadap implementasi UU No.16 Tahun 2016 tentang Pengesahan Paris Agreement To The United Nations Framework Convention On Climate Change dan Peraturan Presiden No.22 Tahun 2017 tentang Rencana Umum Energi Nasional.

Selain berfungsi sebagai atap sekaligus pembangkit listrik tenaga surya, PVROOF memiliki keunggulan lain yaitu mengurangi biaya pembangunan atap dibanding sistem rooftop dan harga PVROOF lebih murah dibandingkan teknologi sejenis seperti Tesla Solar ROOF. Harga Perkiraan Sendiri (HPS) PVROOF sekitar Rp 2.000.000 sampai dengan Rp 2.100.000 dengan satuan Meter persegi (m2)  atau Watt peak (wp). Produk PVROOF dapat dibeli melalui aplikator PT. Denkino Sarana Mandiri dan PT. Wika Energi.

Penggunaan PVROOF dapat mempersingkat waktu pengerjaan penutup atap dan panel surya dilapangan dan mempermudah pada saat rehabilitasi atap. PVROOF telah diterapkan dibeberapa tempat di antaranya prototype pada kantor Balai Litbang Sains Bangunan tahun 2017, pilot project pada rumah dan parkir komunal laboratorium kawasan dan hunian rendah energy Puskim tahun 2018, dan gedung parkir motor komplek Kantor Kementerian PUPR tahun 2018. (Tedi/Put)

 

Aplikator PVROOF :

  1. Denkino Sarana Mandiri (CP. Muhammad Agam 081282129993)
  2. Wika Energi (CP. Miftah Rahman 082123843422)

Untuk menjadi aplikator PVROOF dapat mengirimkan permohonan ke email humas@puskim.pu.go.id dengan subject Aplikator PVROOF