berita

Berita PUPR > Pembahasan Kerjasama dengan Pemkot Surakarta terkait Pengembangan Perumahan dan Permukiman Cerdas dan Tanggap Bencana


Wednesday, 11 Dec 2019, Dilihat 1256 kali

Pembahasan Kerjasama dengan Pemkot Surakarta terkait Pengembangan Perumahan dan Permukiman Cerdas dan Tanggap Bencana
 

Dalam rangka penyiapan kegiatan terpadu Tahun Anggaran 2020 tentang Pengembangan Perumahan dan Permukiman Cerdas dan Tahan Bencana, pada tanggal 21-22 Nopember 2019 diadakan audiensi ke Walikota Surakarta dan ke lokasi penerapan percontohan hunian sub komunal yang dibangun tahun 2018. Pertemuan ini merupakan salah satu langkah Puskim dalam mempersiapkan pelaksanaan kegiatan unggulan tahun 2020-2024 yaitu percontohan perumahan dan permukiman cerdas dan tanggap bencana. Program ini merupakan salah satu kontribusi nyata Puskim dalam percepatan capaian Visium Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam mewujudkan smart living pada tahun 2030.

Audiensi rencana dilaksanakan dalam rangka tindak lanjut kerjasama penataan kawasan padat-huni kumuh antara Pemerintahan Kota Surakarta dengan Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman (Puskim). Pertemuan berlangsung di rumah dinas Walikota Surakarta. Tim Puskim diterima oleh Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmono didampingi oleh Sekda Pemkot Surakarta, Plt. Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Perwakilan dari Bappeda Kota Surakarta dan perwakilan dari SKPD Pemkot Surakarta lainnya. Tim Puskim dipimpin langsung oleh Kepala Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman, Dian Irawati beserta jajarannya Para Eselon 3, perwakilan Eselon 4 dan perwakilan Peneliti.

Dalam pertemuan ini dilakukan diskusi hasil kegiatan  yang  telah dilaksanakan pada tahun 2017-2018 yaitu penerapan percontohan hunian sub komunal di kawasan Rusunawa Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta. Kapuskim menyampaikan bahwa bentuk kerjasama selanjutnya yaitu menjadikan kawasan Rusunawa Semanggi dan Hunian Sub Komunal di Semanggi, Pasar Kliwon, Surakarta sebagai laboratorium penerapan teknologi Pusat Penelitian dan Perumahan Permukiman. Walikota Surakarta menyambut baik terkait dengan penawaran kerjasama tersebut dan siap memberikan dukungan untuk kesuksesan rencana tersebut serta meminta untuk dapat diaplikasikan lebih luas lagi sehingga dapat menjadi contoh pelaksanaan program 100-0-100 di Kota Surakarta. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa beberapa teknologi Puskim seperti teknologi pengolahan sampah dan limbah diusulkan juga untuk  direplikasi di Technopark Surakarta. (Kuswara)