berita

Berita PUPR > Kunjungan Nippon Steel terkait Struktur Baja


Thursday, 13 Feb 2020, Dilihat 67 kali

Kunjungan Nippon Steel terkait Struktur Baja
 

Nippon Steel melakukan kunjungan ke Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman pada hari Rabu tanggal 12 Februari 2020. Kunjungan diterima oleh Bidang Standardisasi dan Kerjasama serta Balai Litbang Bahan dan Struktur Bangunan di Kampus CIleunyi Bandung. Vice President Director Nippon Steel Keiji Ando menjelaskan tujuan kedatangannya yaitu untuk berdiskusi langsung dengan pihak Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman mengenai proses pembaharuan dari SNI struktur baja, memberikan informasi terbentuknya Asosiasi Baja Struktural di Indonesia dengan nama Indonesian Society of Steel Construction (ISSC), dan memperkenalkan produk mutu baja untuk material tahan gempa yang sesuai dengan standar Jepang (JIS).

Kepala Subbidang Standardisasi Rudi Setiadji A mewakili Kepala Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman membuka diskusi, didampingi oleh peneliti dari Balai Litbang Bahan dan Struktur Bangunan. Kepala Subbidang Standardisasi menjelaskan bahwa saat ini terdapat 4 RSNI terkait struktur baja yang sedang diproses di BSN.

Kasi Penyelenggara Teknis Balai Litbang Bahan dan Struktur Bangunan Muhammad Rusli  menambahkan bahwa saat ini standar yang digunakan merupakan standar Amerika (AISC). Hal tersebut karena AISC menggunakan Bahasa inggris sebagai bahasa program sehingga lebih mudah untuk diterapkan dan diterjemahkan, sedangkan JIS menggunakan huruf kanji dalam standarnya sehingga lebih sulit diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia.

Peneliti Balai Litbang Bahan dan Struktur Bangunan Adhi Yudha Mulia mengatakan untuk pengaplikasian standar JIS, tidak hanya menambahkan standard code-nya saja melainkan menambahkan pula material code-nya. Hal tersebut sangat berbeda dengan AISC yang sudah umum digunakan di Indonesia.

Di akhir diskusi, pihak Nippon Steel akan menyiapkan proposal terkait produk mutu baja untuk material tahan gempa sesuai standar Jepang JIS. Selain itu, kedepannya akan membahas terkait standard code Jepang untuk diaplikasikan dengan stakeholders terkait. (Put/Evi)