berita

Berita PUPR > Workshop Penerapan Peta Gempa Indonesia dan SNI Bangunan Tahan Gempa di Semarang


Thursday, 05 Mar 2020, Dilihat 154 kali

Workshop Penerapan Peta Gempa Indonesia dan SNI Bangunan Tahan Gempa di Semarang
 

Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman kembali mengadakan workshop Penerapan Peta Sumber dan Bahaya Gempa Indonesia 2017 dan SNI Bidang Bahan, Struktur dan Konstruksi Bangunan pada Perencanaan Struktur Gedung (Bangunan Tahan Gempa). Workshop dilaksanakan di Semarang tanggak 24 – 25 Februari 2020. Kegiatan ini bertujuan untuk mendiskusikan peta sumber dan bahaya gempa Indonesia terbaru. Selain itu untuk mensimulasikan SNI bidang bahan struktur dan konstruksi bangunan pada perencanaan struktur Gedung.

Badan Standardisasi Nasional (BSN) telah mempublikasikan secara resmi SNI tentang Perencanaan Struktur Gedung Tahan Gempa yang disusun oleh Kementerian PUPR melalui Pusat Litbang perumahan dan Permukiman. SNI tersebut antara lain SNI 1726:2019 tentang Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung, dan SNI 2847:2019 tentang Persyaratan Beton Struktural Untuk Bangunan Gedung.

Peserta yang hadir terdiri dari akademisi perguruan tinggi di provinsi Jawa Tengah, Instansi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah, Asosiasi profesi, dan konsultan kontraktor. Kepala Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman Dian Irawati menyampaikan laporan sebagai ketua panitia pelaksana workshop. Kegiatan dibuka oleh Plt. Kepala Badan Litbang Lukman Hakim. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan keynote speech terkait Mitigasi Bencana Gempa Bumi.

Materi yang disampaikan di dalam workshop ini yaitu Perlunya Pemutakhiran Peta Sumber dan Bahaya Gempa dan Standar SNI Konstruksi Terkait (Lutfi Faizal); Peta Sumber dan Bahaya Gempa 2017 : Perkembangan dan Aplikasinya (Masyhur Irsyam); Studi Kasus Updating Jalur Sesar Aktif – Sumber Gempa di Jawa (Danny Hilman N); Studi Kasus Monitoring Aktivitas Gempa di Jawa Tengah oleh BMKG (Daryono); Penjelasan SNI 1726:2019 tentang Perencanaan Struktur Bawah untuk Infrastruktur dan Bangunan Tahan Gempa, Riwayat SNI, Isi SNI, dan Deviasi terhadap SNI lama (Widjojo A Prakoso); Penjelasan SNI 1726:2019 tentang Perencanaan Struktur Atas untuk Infrastruktur dan Bangunan Tahan Gempa, Riwayat SNI, Isi SNI, dan Deviasi terhadap SNI lama (Davy Sukamta); dan Penjelasan SNI 2847 tentang Persyaratan Beton Struktur Untuk Gedung, Riwayat SNI, Isi SNI, dan Deviasi terhadap SNI lama (Iswandi Imran).