berita

Berita PUPR > Kunjungan Disperkimtan Kabupaten Bandung terkait Pemanfaatan Teknologi Puskim


Friday, 06 Mar 2020, Dilihat 34 kali

Kunjungan Disperkimtan Kabupaten Bandung terkait Pemanfaatan Teknologi Puskim
 

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Bandung melakukan kunjungan ke Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman pada hari Rabu tanggal 4 Maret 2020. Disperkimtan Kabupaten Bandung bertujuan untuk konsultasi hasil litbang dari Puskim yang dapat digunakan dalam upaya pengurangan resiko bencana. Kunjungan diterima oleh Kepala Bidang Program dan Evaluasi Kuswara mewakili Kepala Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman didampingi oleh Kepala Balai Tata Bangunan dan Lingkungan Yuri Hermawan beserta jajaran staf dan peneliti.

Pihak Disperkimtan meminta masukan dan berdiskusi dengan Puskim terkait perencanaan program Disperkimtan untuk Kawasan permukiman kumuh. Kepala Seksi Penataan dan Pengendalian Kawasan Kumuh Gerry Sundana menyampaikan bahwa saat ini telah berjalan program kampung – kampung tematik di kabupaten Bandung, perlu adanya masukan lebih lanjut terkait teknologi permukiman yang dapat menuntaskan permasalahan kumuh terutama banjir.

Kepala Bidang Program dan Evaluasi Kuswara menyampaikan bahwa Puskim dapat bekerjasama untuk membantu dalam rangka pembinaan kerjasama, pendampingan, dan pengembangan teknologi untuk diaplikasikan di kabupaten Bandung. Perlu adanya pengecekan lokasi terlebih dahulu agar mengetahui kondisi terkini dilapangan dan permasalahan yang terjadi.

Kepala Litbang Tata Bangunan dan Lingkungan Yuri Hermawan menjelaskan terkait kerjasama teknologi yang telah diaplikasikan oleh pemerintah kota ataupun daerah, salah satunya kerjasama yang dilakukan dengan Pemerintah Kota Surakarta. Kerjasama terjalin dalam menangani permukiman kumuh diantaranya membangun Purwarupa Hunian Subkomunal RISHA di Semanggi Surakarta.

Disperkimtan Kabupaten Bandung optimis teknologi Puskim dapat diterapkan pula di desa – desa tematik kabupaten Bandung.