berita

Berita PUPR > Puskim Pasang Bilik Disinfektan Ozon Nanomist Sebagai Bentuk Pencegahan COVID-19


Thursday, 16 Apr 2020, Dilihat 589 kali

Puskim Pasang Bilik Disinfektan Ozon Nanomist Sebagai Bentuk Pencegahan COVID-19
 

Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman telah memasang Bilik Disinfektan Ozon Nanomist pada tanggal 15 April 2020 . Bilik Disinfektan tersebut dipasang di pintu masuk gedung utama Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman di Cileunyi Bandung. Pemasangan chamber (bilik) sebagai upaya pencegahan penyebaran wabah COVID-19 bagi para pegawai dan lingkungan kantor Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman.

Puskim bekerja sama dengan LIPI terkait bahan disinfektan yang digunakan. Ozon Nanomist merupakan solusi bahan dasar disinfektan nonkimia yang lebih aman digunakan untuk bilik disinfektan dibandingkan dengan penggunaan alkohol atau klorin. Dilansir dari siaran press LIPI, WHO tidak merekomendasikan penyemprotan alkohol atau klorin ke tubuh manusia. Penyemprotan bahan berbahaya tersebut dapat membahayakan jika terkena pakaian atau selaput lendir manusia. “Ozon Nanomist secara teknis dapat dipakai untuk menggantikan disinfektan kimia dengan potensi resiko lebih rendah selama dipakai mengikuti durasi dan ketentuan,” ungkap Kepala Balai Pengembangan Instrumentasi LIPI, Anto Tri Sugiarto.

Selain Bilik Disinfektan Ozon Nanomist, Puskim juga memasang Bilik Disinfektan Spray Embun yang ditempatkan di halaman depan kampus Puskim. Bilik Disinfektan Spray Embun berfungsi untuk para pengemudi yang akan membawa kendaraan parkir di area belakang kampus. Pemasangan Bilik Disinfektan mengeluarkan biaya sekitar 25 – 30 juta rupiah. Masyarakat dapat menghubungi LIPI untuk info lebih lanjut terkait Bilik Disinfektan Ozon Nanomist.