berita

Berita PUPR > Puskim Berpartisipasi dalam Webinar HAGI terkait Aplikasi Mikrotremor Array dan Analisis Hazard Gempa Untuk Skala Perkotaan


Wednesday, 13 May 2020, Dilihat 63 kali

Puskim Berpartisipasi dalam Webinar HAGI terkait Aplikasi Mikrotremor Array dan Analisis Hazard Gempa Untuk Skala Perkotaan
 

Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman turut berpartisipasi dalam Webinar yang diselenggarakan oleh Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI). Peneliti Balai Litbang Bahan dan Struktur Bangunan M. Ridwan menjadi perwakilan Puskim sebagai salah satu narasumber dalam Webinar HAGI yang diselenggarakan pada 13 Mei 2020 melalui aplikasi online Google Meet. Peserta yang hadir terdiri dari HAGI maupun kalangan akademisi dan profesional terkait.

Ridwan membawakan topik terkait Aplikasi Mikrotremor Array dan Analisis Hazard Gempa Untuk Skala Perkotaan. Di dalam pembahasannya, beliau menyampaikan bahwa metode mikrotremor array merupakan salah satu metode geofisika yang cukup efektif untuk penyelidikan bawah permukaan. Hal ini dapat dilakukan di kota – kota besar di Indonesia dalam upaya melengkapi data – data geoteknik dan geologi lokal untuk kebutuhan analisis gempa. Penyusunan peta bahaya gempa untuk skala perkotaan adalah bagian dari program mitigasi bencana yang merupakan tanggungjawab bersama sebagai bahan untuk penyusunan strategi pengurangan risiko gempa.

Setiap daerah mempunyai tantangan yang berbeda – beda. Melalui Pusat Gempa Nasional (PuSGeN), pemetaan sumber gempa jauh 3x lipat lebih banyak dibandingkan tahun 2010. “Diharapkan kota – kota besar di Indonesia khususnya yang berada di daerah rawan gempa bisa segera memulai mempersiapkan data – data untuk penyusunan peta bahaya”, ungkap M. Ridwan di akhir pembahasan.

Selain Puskim, perwakilan ITS/Komwil Surabaya pun turut menjadi narasumber pada webinar ini yaitu Dwa Desa Warnana dengan topik Aplikasi Geofisika untuk Geoteknik. Pelaksanaan Webinar difasilitasi oleh HAGI dan Asep Hardja dari UNPAD sebagai moderator.