berita

Berita PUPR > Pelantikan Pejabat Fungsional di Lingkungan Direktorat Bina Teknik Permukiman dan Perumahan


Wednesday, 17 Jun 2020, Dilihat 301 kali

Pelantikan Pejabat Fungsional di Lingkungan Direktorat Bina Teknik Permukiman dan Perumahan
 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melantik Pejabat Fungsional Ahli Madya dan Ahli Muda di lingkungan Kementerian PUPR termasuk Direktorat Bina Teknik Permukiman dan Perumahan. Pelantikan dilaksanakan secara serempak pada 16 Juni 2020. Para Pejabat Direktorat Bina Teknik Permukiman dan Perumahan yang dilantik mengikuti rangkaian acara secara virtual dari Kantor Cileunyi Bandung sesuai dengan Protokol Kesehatan pencegahan COVID-19.

Pelantikan Pejabat Fungsional di lingkungan Kementerian PUPR merupakan salah satu bentuk penyederhanaan organisasi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan organisasi. Hal itu sesuai dengan penetapan struktur organisasi Kementerian PUPR baru berdasarkan Permen PUPR Nomor 13 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Kementerian PUPR.

Di dalam sambutan pelantikan, Menteri PUPR menyampaikan bahwa Kementerian PUPR memulai reformasi birokrasi dan perampingan organisasi sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo saat pelantikan di depan sidang MPR/DPR. “Arahan presiden yaitu menetapkan dan melantik pejabat administrator dan pengawas menjadi pejabat fungsional,” kata Menteri PUPR. Di lingkungan Direktorat Bina Teknik Permukiman dan Perumahan terdapat 22 Pejabat Fungsional yang dilantik sebagai hasil dari penyetaraan Jabatan Administrasi (eselon III dan IV).

Penyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional diatur dalam PermenPANRB Nomor 28 tahun 2019. Untuk Kementerian PUPR telah ditetapkan oleh Kementerian PANRB melalui Surat Nomor B/309/M.SM.02.00/2020 tanggal 8 Juni 2020 perihal Persetujuan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional Kementerian PUPR.

Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman telah berubah menjadi Direktorat Bina Teknik Permukiman dan Perumahan. Perubahan dilakukan berdasarkan Perpres Nomor 27 Tahun 2020 tentang Kementerian PUPR menggabungkan fungsi Litbang ke dalam fungsi Direktorat. Maka Puskim saat ini berada di dalam Direktorat Jendral Cipta Karya. Perubahan terjadi pada cara pandang dalam bekerja, dari kewenangan menuju pelayanan, manajerial menuju profesional.

Setelah pelantikan berakhir, Direktur Bina Teknik Permukiman dan Perumahan memberikan arahan kepada Para Pejabat Fungsional yang telah dilantik. Pelantikan ini dapat menjadi  langkah awal Kementerian PUPR termasuk Direktorat Bina Teknik Permukiman dan Perumahan untuk berorientasi menuju pelayanan yang lebih baik. (Putri)