berita

Berita PUPR > Partisipasi Puskim dalam Seri Webinar Perkim Karir Merumah


Friday, 19 Jun 2020, Dilihat 166 kali

Partisipasi Puskim dalam Seri Webinar Perkim Karir Merumah
 

Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman (telah berganti menjadi Direktorat Bina Teknik Permukiman dan Perumahan) turut berpartisipasi dalam Seri Webinar Perkim #6 yang diselenggarakan oleh perkim.id. Peneliti Balai Litbang Tata Bangunan dan Lingkungan Yulinda Rosa menjadi perwakilan Puskim sebagai narasumber pada webinar yang dilaksanakan pada 18 Juni 2020 melalui aplikasi Zoom. Peserta webinar merupakan para akademisi dan praktisi yang bergerak di bidang perumahan dan permukiman.

Di dalam paparan, Yulinda Rosa menjelaskan mengenai Housing Career  (Karir Merumah) yang menjadi topik penelitiannya dalam beberapa tahun terakhir. Housing Career adalah urutan tempat tinggal sebuah keluarga selama sejarah hidupnya. Konsep housing career  berkaitan dengan perilaku penghuni yang mencakup preferensi dan persepsi dalam pengambilan keputusan rumah tangga. Hal – hal yang berpengaruh pada keputusan tersebut antara lain komposisi rumah tangga, Pendidikan dan pekerjaan karir, keputusan untuk menikah, memiliki nak, pensiun pada umur dini, perceraian, pernikahan kembali dan migrasi. Housing career memiliki kaitan terhadap pasar perumahan.

Penelitian dilaksanakan pada tahun 2010, 2017, dan 2018 di kota Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Malang. Berdasarkan penelitian tersebut secara garis besar faktor ekonomi (pendapatan) merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap pengelompokkan klaster status kepemilikan rumah. Responden dengan kepemilikan rumah milik mempunyai kemampuan ekonomi yang paling tinggi. Masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) menempati rumah dengan cara yang bermacam – macam di antaranya rumah milik bergabung dengan keluarga yang lain atau rumah sewa.

Kebijakan perumahan berdasarkan housing career yaitu perlu adanya tangga perumahan.  Rumah milik baik tapak maupun rusunami dapat diberikan subsidi secara bervariasi sesuai indikator penentu pemberian subsidi di kelas MBR. Selain itu adanya institusi pengelola mobilitas perumahan (dibawah kendali pemerintah) sehingga perpindahan rumah ada dalam kontrol (harga, mobilitas, dll).

Paparan yang disampaikan oleh Yulinda Rosa diperkaya dengan paparan oleh narasumber dari Direktorat Sistem dan Strategi Penyelenggaraan Perumahan yaitu Muria Istamtiah. Beliau menyampaikan terkait Tantangan Penyediaan Perumahan melalui Pendekatan Karir Perumahan. (Putri)

 

Webinar Perkim #6 dapat ditonton melalui link https://youtu.be/vuayatHl4L0