berita

Berita PUPR > Pelatihan Pembuat Panel Struktur RISHA angkatan I Tahun 2020


Wednesday, 12 Aug 2020, Dilihat 135 kali

Pelatihan Pembuat Panel Struktur RISHA angkatan I Tahun 2020
 

Dalam rangka meningkatkan kompetensi tenaga terampil khususnya pembuat panel struktur RISHA, Direktorat Bina Teknik Permukiman dan Perumahan turut berpartisipasi dalam Pelatihan Pembuat Panel Struktur RISHA pada tanggal 5 – 11 Agustus 2020. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Balai Jasa Konstruksi Wilayah III Jakarta Direktorat Jendral Bina Konstruksi berlokasi di Citeureup Bogor. 20 orang peserta yang berpartisipasi berasal dari Koperasi Perumahan Umum Nasional Syariah (KOPERUMNAS).

Kegiatan yang dilaksanakan selama 6 hari terdiri dari 1 hari materi dan 5 hari praktek pembuatan panel struktur RISHA. Direktorat Bina Teknik Permukiman dan Perumahan berpartisipasi sebagai narasumber instruktur teori dan praktek yaitu Dany Cahyadi dibantu oleh Saeful, Suhendin, dan Andi sebagai asisten instruktur praktek lapangan.

Materi yang disampaikan pada hari pertama terdiri dari Pengenalan Teknologi Struktur Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA), Pembuatan Panel Struktur RISHA (penulangan, pengecoran dan perawatan), Quality Control produk panel struktur RISHA, dan Peraturan Perundangan-undangan yang terkait dengan Jasa Konstruksi dan Manajemen Keselamatan & Kesehatan Kerja Konstruksi.

Pembelajaran di lapangan terdiri dari teknik pembesian panel RISHA dari mulai teknik penekukan tulangan sampai dengan perakitan tulangan panel RISHA P1, P2 dan P3. Setelah itu dilanjutkan dengan praktek pengecoran panel RISHA dari mulai mix design, pengecoran panel perawatan panel RISHA, teknik penyimpanan sampai dengan quality control panel RISHA.

Pelatihan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan mengenai teknologi RISHA terutama proses pembuatan panel bagi para tenaga terampil dari KOPERUMNAS yang nantinya akan dijadikan sebagai embrio tenaga terampil RISHA di beberpa lokasi pembangunan perumahan KOPERUMNAS. (Dany, Putri)