berita

Berita PUPR > Webinar Diseminasi Rumah Pracetak Sebagai Solusi Akselerasi Program Sejuta Rumah


Friday, 14 Aug 2020, Dilihat 170 kali

Webinar Diseminasi Rumah Pracetak Sebagai Solusi Akselerasi Program Sejuta Rumah
 

Program Sejuta Rumah merupakan salah satu upaya Kementerian PUPR dalam pemenuhan kebutuhan perumahan yang tinggi di Indonesia. Teknologi pracetak untuk rumah sederhana tahan gempa menjadi salah satu upaya percepatan kebutuhan. Direktorat Bina Teknik Permukiman dan Perumahan mengadakan Webinar Diseminasi Rumah Pracetak sebagai Solusi Akselerasi Program Sejuta Rumah pada tanggal 12 Agustus 2020 via Zoom Conference dan Youtube Live. Peserta webinar berjumlah 605 orang dari berbagai latar belakang diantaranya konsultan/kontraktor, aplikator/asosiasi, swasta, pemerintah daerah hingga akademisi.

Direktur Bina Teknik Permukiman dan Perumahan Dian Irawati memberikan sambutan dalam pembukaan kegiatan. “Webinar ini solusi untuk penyediaan rumah di Indonesia. Melalui diseminasi ini agar peserta dapat memahami teknologi terkait rumah pracetak untuk rumah tahan gempa dan dapat membuka lapangan kerja baru untuk pihak swasta dan masyarakat yang ingin menjadi aplikator teknologi. Membuka kerjasama di masa mendatang”.

Di dalam pelaksanaan diseminasi mengundang pihak – pihak terkait yaitu QC RISHA dan Perekayasa Muda Ditbintek Kimrum Dany Cahyadi menyampaikan tentang teknologi sistem struktur pracetak untuk rumah sederhana (RISHA, Ruspin, Brikon); Direktur Rumah Khusus Ditjen Perumahan Johny FS Subrata menyampaikan tentang penerapan RISHA pada pembangunan rumah khusus di Indonesia; Kadis Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Banten Moh. Yanuar menyampaikan penerapan teknologi RISHA di Banten; Aplikator RISHA, Ruspin, Brikon Purwoko menyampaikan pengalaman sebagai aplikator di lapangan; dan Kabalai Jakon Wilayah IV Surabaya Ditjen Bina Konstruksi Eddy Irwanto menyampaikan tentang pelatihan dan sertifikasi tenaga kerja RISHA, Ruspin, dan Brikon.

Sesi diskusi berlangsung setelah semua narasumber menyampaikan paparan. Sesi diskusi dipimpin oleh moderator Kuswara. Pertanyaan yang diajukan oleh peserta bervariasi mulai dari spesifikasi teknis RISHA, akselerasi dan hambatan program sejuta rumah, upaya pemerintah dalam memberikan informasi kepada masyarakat terkait teknologi tepat guna, hingga kolaborasi yang dilakukan dengan Pemerintah Daerah. Diseminasi diharapkan dapat mendukung program percepatan program sejuta rumah yang dicanangkan di Indonesia.

Di penutup acara Direktur Bina Teknik Permukiman dan Perumahan menyampaikan bahwa webinar ini dapat menjadi media untuk refresh produk – produk dari Puskim yaitu RISHA/Ruspin dan Brikon untuk kegiatan masyarakat di Indonesia. Pemerintah Daerah Banten memberikan informasi yang informatif terkait pengaplikasian teknologi RISHA. Untuk Kawasan bencana menjadi alternatif dengan kualitas mutu yang terjamin. (Putri)