berita

Berita PUPR > Workshop Teknologi Struktur Rumah Pracetak RISHA dan RUSPIN


Friday, 02 Oct 2020, Dilihat 124 kali

Workshop Teknologi Struktur Rumah Pracetak RISHA dan RUSPIN
 

Direktorat Bina Teknik Permukiman dan Perumahan (Dit.BTPP) mengadakan Workshop Teknologi Struktur Rumah Pracetak RISHA dan RUSPIN pada tanggal 29 September- 1 Oktober 2020. Workshop dilakukan secara virtual melalui Zoom Meeting dan praktek di lokasi workshop sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19. Kegiatan diikuti oleh para pejabat fungsional dan PNS muda yang berada di lingkungan Dit.BTPP dengan latar belakang Pendidikan Teknik Sipil dan Arsitektur.

Kegiatan ini dibuka oleh Direktur Dit.BTPP Dian Irawati. Di dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Teknologi struktur rumah pracetak telah banyak dilakukan dalam program perumahan terutama untuk rumah pasca penanganan bencana gempa dan longsor. Teknologi telah diterapkan oleh DJCK melalui Direktorat Prasarana strategis dalam pelaksanaan kegiatan untuk merehabilitasi sekolah dan madrasah di beberapa wilayah Indonesia dan Direktorat Jenderal Perumahan melalui Direktorat Rumah Khusus dalam program rehabilitasi penanganan relokasi bencana gempa di Palu-Sulteng.

“Saat ini kondisi tenaga ahli yang memiliki pemahaman teknologi RISHA dan RUSPIN sudah sangat terbatas, diharapkan dengan adanya workshop ini dapat memberikan pemahaman, pengetahuan, transfer of knowledge sehingga dapat muncul tenaga ahli baru yang menguasai pelaksanaan audit QC, penjaminan mutu yang diproduksi dan diterapkan oleh aplikator teknologi. Selain mampu menjadi pelaksana audit mutu,  juga dapat menjadi narasumber dalam menyebarluaskan teknologi RISHA dan RUSPIN,” tambah Direktur Dit.BTPP

Pada Hari Pertama, Para penyaji dalam workshop Teknologi Struktur Rumah Pracetak RISHA dan RUSPIN menyampaikan materi di kelas/via Zoom. Materi meliputi Pengenalan Teknologi RISHA Sebagai Struktur Bangunan Lebih Aman Gempa disampaikan oleh Edi Nur; dan Pengenalan Teknologi RUSPIN disampaikan oleh Rudi Setiadji. Hari Kedua dilakukan di kelas/Zoom dan praktek di lapangan. Materi meliputi Pengantar Teknologi Beton dan Pengendalan Mutu Panel RISHA dan RUSPIN disampaikan oleh Lasino; serta Quality Control Panel RISHA dan RUSPIN oleh Sutadji Yuwasdiki dan Muhajirin. Hari terakhir yaitu praktek lapangan Pembuatan Panel RUSPIN dan Quality Control oleh Muhajirin, Lasino, dan Dany Cahyadi.