berita

Berita PUPR > Workshop Online Presentation Skill


Tuesday, 13 Oct 2020, Dilihat 127 kali

Workshop Online Presentation Skill
 

Untuk mendukung efektivitas komunikasi publik di masa pandemi, Dit.BTPP mengadakan workshop online presentation skill secara virtual pada tanggal 8 Oktober 2020. Workshop ini diikuti oleh 45 peserta yang berasal dari Subdit/Bagian/Balai di lingkungan Dit.BTPP melalui aplikasi Zoom Meeting. Direktur Dit.BTPP Dian Irawati memberikan sambutan dalam pembukaan acara. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan agenda lanjutan dari kegiatan di tahun 2019 yaitu workshop public speaking yang dilakukan secara tatap muka. Untuk tahun 2020 kegiatan dilakukan secara virtual untuk meminimalisir pertemuan langsung di masa pandemi covid-19.

Arie Ardianto yang lebih dikenal sebagai DJ Arie menjadi narasumber dalam workshop ini. Materi yang disampaikan mengenai basic communication skills, overcoming shyness/ nervousness/ camera fright, dan how to make an effective online presentation. Rasa percaya diri perlu dimiliki oleh setiap presentator. Saat melakukan presentasi, terdapat tips dan trick bagaimana cara efektif melakukan presentasi online dari rumah. Diantaranya Buat Slide Presentation sesimpel mungkin; Persiapkan Hal-Hal Terkait Teknis wifi bagus, gadget tambahan, buat pdf version dari presentasi yang diberikan, tutup aplikasi/tab yang tidak perlu agar tidak menghambat, latihan terus dengan platform yang dipilih.

Di dalam rangkaian acara juga terdapat permainan dan simulasi para peserta setelah mendapatkan materi. 15 peserta dipilih untuk presentasi berdasarkan tema yang telah ditetapkan oleh panitia. Setelah presentasi, setiap peserta langsung diberikan masukan oleh narasumber.