berita

Berita PUPR > Bimbingan Teknis Teknologi Produksi Bahan Bangunan Skala UKM di Kabupaten Magelang


Monday, 16 Nov 2020, Dilihat 46 kali

Bimbingan Teknis Teknologi Produksi Bahan Bangunan Skala UKM di Kabupaten Magelang
 

Magelang – Dalam rangka penyebarluasan teknologi terutama teknologi produksi bahan bangunan oleh Direktorat Bina Teknik Permukiman dan Perumahan (Dit. BTPP), dilaksanakan acara Bimbingan Teknis Teknologi Produksi Bahan Bangunan Skala UKM yang diselenggarakan di Desa Sumberejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Tujuan pelaksanaan bimbingan teknis (bimtek) ini adalah untuk menyebar-luaskan teknologi aplikatif hasil litbang, khususnya terkait dengan teknologi produksi paving block dan batako yang berpotensi dikembangkan dalam skala UKM.

Acara ini diselenggarakan selama 1 (satu) hari yaitu tanggal 4 November 2020, bertempat di pelataran calon lokasi Terminal Agrowisata Desa Sumberejo, Kabupaten Magelang. Pelaksanaan Bimtek dilaksanakan dengan metode pembelajaran secara praktik dimana penjelasan teori praktis serta demo/praktik diberikan secara langsung di lapangan/lokasi produksi, tidak ada pembelajaran di dalam ruangan (klasikal).

Acara dihadiri oleh Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kabupaten Magelang; Aparat Pemerintah Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang; Kepala Desa (16 Desa) yang berada di wilayah administratif Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang; Kepala Dusun (6 Dusun) yang berada di wilayah administratif Desa Sumberejo; serta Perwakilan/Staff Ahli Sudjadi (Anggota Komisi V DPR-RI).

Peserta bimtek sebanyak 10 (sepuluh) orang yang berasal dari warga/masyarakat Desa Sumberejo yang dipersiapkan untuk menjadi operator mesin dan pelaksana produksi paving block dan batako.

Selain penyelenggaraan bimtek pada acara ini juga dilaksanakan serah terima Asset/Hibah Alat/Mesin Produksi Paving Block-Batako Secara Simbolis dari Direktorat Bina Teknik Permukiman dan Perumahan yang diwakili oleh Kasubbag Tata Usaha Balai Bahan dan Struktur Bangunan Gedung, Sujarwanto kepada Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Magelang, Kunta Hendradata.

Dalam sambutan pembukaan Kepala Dinas PRKP Kab Magelang menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian PUPR khususnya Direktorat Bina Teknik Permukiman dan Perumahan, Direktorat Jenderal Cipta Karya yang telah menyalurkan bantuan/hibah peralatan/mesin produksi paving block dan batako untuk kemanjuan Desa Sumberejo, Kecamatan Ngablak. Diharapkan agar peralatan/mesin produksi paving block/batako yang telah diserahkan dapat dipelihara dan dimanfaatkan untuk kemajuan pembangunan di wilayah Desa Sumberejo pada khususnya, dan Kecamatan Ngablak pada umumnya.

Dengan tersedianya peralatan produksi dan tenaga kerja terampil, terbuka peluang untuk meningkatkan produksi paving block dan batako menjadi usaha industri bahan bangunan unggulan Desa Sumberejo, yang pengelolaannya bisa dilakukan oleh BUMDes. Melalui pengembangan usaha industri unggulan ini dharapkan bisa menjadi penggerak pertumbuhan perekonomian dan peredaran uang di Desa Sumberejo. (Dany, Dadri)