berita

Berita PUPR > Workshop Collaborative Research Puskim dan Kyoto


Friday, 01 Jul 2016, Dilihat 140 kali

Workshop Collaborative Research Puskim dan Kyoto
 

MEDAN, LITBANG.pu.go.id — Kepala Pusat Litbang Permukiman Profesor (R) Anita Firmanti membuka Workshop The Road Map of Collaborative Research. Workshop yang digelar di Medan ini, salah satu agendanya menyusun road map kerjasama dengan Research Institute for Sustainable Humanosphere (RISH) Kyoto University.

Pada kesempatan ini, hadir Kepala Pusat Inovasi LIPI Prof.DR. Bambang Subiyanto, M.Agr dan beberapa kolega dalam rangka memperkaya materi riset bersama yang direncanakan. Kepala Pusat Litbang Permukiman Profesor (R) Anita Firmanti, menekankan tentang banyaknya riset yang telah dilakukan oleh para peneliti di Pusat Litbang Permukiman, namun belum banyak hasil riset yang dimasukkan ke dalam jurnal internasional.

Bu Anita menyebutkan beberapa contoh kegiatan riset yang telah dilakukan oleh Balai Pengembangan Teknologi Perumahan Tradisional (PTPT) Makassar untuk Suku Bajo. Balai PTPT Makassar telah melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan konservasi bangunan tradisional Suku Bajo yang menerapkan beberapa teknologi dari Pusat Litbang Permukiman. Namun sayangnya, riset yang aplikatif seperti ini belum terlalu terdengar gemanya di ranah internasional.

Dalam sesi yang lain Bu Anita berharap agar para peneliti dari RISH Kyoto University bisa bekerjasama dengan peneliti di Puskim untuk merealisasikan kegiatan tersebut. Bu Anita juga berharap agar para peneliti di Puskim mendapatkan kesempatan langsung untuk bertukar ilmu dengan peneliti di RISH Kyoto University.

Agenda workshop kali ini diprioritaskan untuk menyusun road map Inovasi Teknologi dan Kebijakan Penyediaan Rumah Dengan Harga Terjangkau. Road map tersebut terbagi menjadi beberapa bidang, yaitu struktur, material bangunan, sosial, ekonomi, dan lingkungan. Road map ini disusun bersama untuk beberapa tahun mendatang guna meneruskan langkah kerjasama yang berkelanjutan antara Pusat Litbang Permukiman dengan RISH Kyoto University.