produk layanan

Layanan > Uji laboratorium


Laboratorium Pusat Penelitian dan Pengembangan adalah laboratorium uji milik Kementerian Pekerjaan Umum. Laboratorium tersebut berada di bawah tanggung jawab langsung Kepala Pusat Litbang Perkim. Laboratorium pengujian Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman terakreditasi KAN sesuai ISO/IEC 17025 dengan sertifikat akreditasi nomor: LP-299-IDN dan terdiri atas sebagai berikut.

  1. Laboratorium Pengujian Lingkungan Permukiman (Laboratorium Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Permukiman) 
  2. Laboratorium Pengujian Bahan Bangunan
  3. Laboratorium Pengujian Struktur dan Konstruksi Bangunan
  4. Laboratorium Pengujian Sains Bangunan

Selain untuk melaksanakan pengujian guna keperluan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, laboratorium juga melaksanakan pengujian untuk keperluan masyarakat dan instansi lainnya di tingkat pusat dan daerah dan juga menguji pekerjaan lainnya sehingga pemohon dapat melaksanakan desain dan dapat memantau mutu sesuai dengan yang disyaratkan.

Laboratorium Pengujian Pusat Litbang Perkim beralamat di Jalan Panyawungan Cileunyi Wetan Kabupaten Bandung dan khusus untuk pengujian bahan dan peralatan air bersih dan penyehatan lingkungan permukiman (pipa dan meter air) berlokasi di Jalan Turangga 7–8, Bandung.

 Kebijakan Mutu :

  1. Laboratorium Pengujian Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman mempunyai komitmen selalu memelihara dan menjamin standar mutu dalam menyelenggarakan pengujian yang menunjang kegiatan pembangunan untuk memenuhi kepuasan pelanggan.
  2. Sasaran Mutu Laboratorium Pengujian Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman berupaya meningkatkan pelayanan pengujian yang terjamin keabsahannya dalam mendukung pembangunan infrastruktur permukiman.
  3. Dalam mencapai sasaran tersebut, Laboratorium Pengujian Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman menerapkan sistem manajemen SNI ISO/IEC 17025:2008 secara konsisten dan berkelanjutan meningkatkan efektivitas dan menjamin bahwa kebijakan ini dimengerti, diterapkan dan dipertahankan oleh semua personel pada semua tingkatan organisasi laboratorium.

SOP Layanan Uji Laboratorium Klik disini