Dinamika RISET Volume X No 1 Januari Maret 2012

Wacana MDGs secara internasional telah bergaung sejak Deklarasi Millenium diratifikasi pada tahun 2000. Target-target program MDGs merupakan bentuk-bentuk  pelayanan dasar yang berhak diterima oleh masyarakat. Program ini bakal menjadi pekerjaan rumah bersama yang harus cepat diselesaikan mengingat tenggat waktu yang semakin dekat. Apalagi, banyak hal yang harus dibenahi, salah satunya masalah lingkungan hidup.

Salah satu poin yang harus dipenuhi pemerintah dalam program MDGs adalah perlindungan terhadap lingkungan hidup yang mencakup sumber daya alam (air, mineral, bahan tambang, ikan dsb), pengelolaan dan perlindungannya (konservasi). Kerusakan alam yang terjadi, entah karena ulah manusia maupun alam, menyebabkan kualitas dan jumlah sumber daya alam semakin berkurang.

Adanya program pencapaian MGDs keseimbangan lingkungan hidup, seharusnya dapat memperbaiki kerusakan alam yang telah terjadi, terutama demi keberlangsungan kehidupan manusia. Namun sejauh ini, sepertinya program tersebut hanya dilihat sebagai proyek beberapa tahun. Padahal upaya pemulihan kerusakan alam harus secara terus-menerus, sustainable, dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia.

Kali ini, kami hadir dengan isu tersebut. Antara lain mengenalkan Teknologi Tepat Guna, mengajak melihat kondisi Waduk Wonogiri, hingga cara membuat kompos. Kami berharap, kita tidak hanya menunggu pemerintah bergerak dengan program MDGs, tetapi juga memulai aksi dari lingkungan sendiri. Dengan demikian, target pencapaian MDGs menjadi tanggung jawab bersama dan dapat

dinikmati secara bersama juga.

[button link=”https://balitbang.pu.go.id/w/wp-content/uploads/2013/08/Dinamika-Riset-Edisi-I-Tahun-2012.pdf” type=”big”] Download[/button]

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.