PUSLITBANG SUMBER DAYA AIR MEMBERIKAN JAMINAN MUTU DALAM INFRASTRUKTUR PUPR YANG LEBIH BAIK

Pemerintah telah menetap t tahun ahun kan beleid yang mengatur Proyek Strategis Nasional (PSN) dalam Peraturan Peresiden Nomor 58 tahun 2017. Peraturan Presiden itu telah menetapkan 245 PSN, 151 diantaranya merupakan proyek infrastruktur yang dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). “Salah satu syarat PSN adalah proyek tersebut harus sudah dimulai konstruksinya tahun 2018. Bila tidak, akan dikeluarkan dari daftar PSN, “tegas Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, saat Rapat Kerja Kementerian PUPR di Jakarta, Agustus lalu.

Basuki menambahkan, infrastruktur yang dibangun tidak hanya cepat tapi juga berkualitas. Selain itu semua Satker dan PPK harus benar-benar memperhatikan tertib waktu, tertib biaya, tertib administrasi dan tertib mutu. Dari jumlah PSN, beberapa infrastruktur sumber daya air masuk di dalamnya, yaitu Bendungan Teritip di Kalimantan Timur yang sudah selesai pengembangannya, Bendungan Gondang di Jawa Timur, Bendungan Karian di Banten dan Bendungan LOlak di Sulawesi Utara dalam tahap kontruksi.

Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) dalam mendukung pembangunan dan penyelenggaraan infrastruktur PUPR memiliki peran sebagai scientific backbonetechnostructure dan juga sebagai clearing house di bidang teknologi infrastruktur PUPR. Didukung oleh pusat-pusat litbang seperti Sumber Daya Air, Puslitbang Perumahan dan Permukiman, Puslitbang Jalan dan Jmebatan, Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi, Balitbang telah menghasilkan teknologi siap pakai dan memberikan masukan dalam perumuasan kebijakan serta penyelesaian masalh pembangunan infrastruktur di bidang SDA, jalan dan jembatan, serta perumahan.

Puslitbang Sumber Daya Air berperan dalam mendukung akselerasi dan memberikan jaminan mutu dalam penyelenggaraan infrastruktur PUPR yang lebih baik, lebih cepat, lebih murah serta berkelanjutan melalui penerapan teknologi hasil litbang yang berupa teknologi terapan, rekomendasi kebijakan, standar pedoman manual, advis teknis dan juga pendampingan teknis.

Dukungan dalam bidang kedaulatan pangan dan ketahanan air Puslitbang Sumber Daya Air telah menghasilkan teknologi untuk mengatasi masalah kekeringan pada sawah yang berada daerah berlahaan kering, serta masalah-masalah yang berhubungan dengan ketersediaan air. Berikut adalah produk-produk Puslitbang Sumber Daya Air yang sudah terbukti keandalannya dan sudah diterapkan di beberapa daerah. Produk yang dihasilkan puslitbang yang bertugas di bidang sumber daya air ini, selain berkualitas bisa menghemat waktu juga bisa menekan biaya.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.